Sosialisasi Pendampingan Pencegahan Narkoba & Tindakan Kekerasan

Category : Non Akademik | Posted on 2019-09-27 11:15:52


Sosialisasi Pendampingan Pencegahan Narkoba & Tindakan Kekerasan


[sman17bandung.sch.id - 26/09/2019] Dinas Pendidikan Kota Bandung mengadakan kegiatan Sosialisasi Pendampingan Pencegahan Narkoba dan Tindakan Kekerasan di UPT SKB (Sanggar Kegiatan Belajar). Beberapa siswa SMA Negeri 17 Bandung mengikuti kegiatan ini pada 26 September 2019, di antaranya M. Zulfikar (X MIPA 2), Ratu (XI MIPA 1), Shaka (XI MIPA 6), dan Wanda (XI IPS 2) yang didampingi oleh Bapak Febri Teguh Priyotno, S.Pd.


Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mencegah masyarakat melakukan tindakan kekerasan dan mengonsumsi narkoba, terutama pada anak-anak sebagai penerus bangsa. Penyuluhan ini memberikan pengetahuan mengenai pengertian narkoba, bahaya dan penyebabnya, tindakan pencegahan, serta sanksi hukumnya apabila diketahui memiliki, menyimpan atau mengonsumsi zat tersebut.


Saat ditanya setelah kegiatan tersebut, Shaka membagikan ilmunya terutama mengenai pencegahan Narkoba, yang merupakan kepanjangan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya.


“Penyebab seseorang mengonsumsi Narkoba dikarenakan adanya rasa penasaran, sebagai alat penenang dari depresi, serta terkadang dijadikan sebagai suatu syarat untuk masuk ke dalam suatu komunitas”, ucap Shaka.


Ia pun membagikan beberapa cara pencegahan menjauhi zat adiktif, yaitu mendekatkan diri kepada Tuhan, memperbanyak ibadah, selektif memilih pergaulan, serta harus bisa membentengi diri sendiri dalam menolak ajakan untuk mencoba Narkoba.


Selain itu, Shaka berkesempatan membagikan pengetahuannya kepada audiens saat kegiatan berlangsung, mengenai perbedaan HIV dan AIDS.


“HIV merupakan suatu virus yang dapat menjangkit manusia dan dapat menular melalui darah (luka) dan suatu hubungan seksual. Sedangkan AIDS sebuah penyakit kronis akibat infeksi HIV dan menyebabkan beberapa komplikasi di beberapa bagian tubuh, terutama berkaitan dengan daya tahan tubuh (imun). Intinya, yang mengidap AIDS sudah pasti mengidap HIV, sedangkan pengidap HIV belum tentu mengidap AIDS.”


Semoga kegiatan ini bisa benar-benar bisa mencegah dan menjauhkan dari Narkoba dan tindakan kekerasan, terutama pada anak-anak yang merupakan aset bangsa sebagai generasi penerus.*




Leave a Comment: