SMAN 17 Bandung Memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional

Category : Non Akademik | Posted on 2020-03-06 11:03:05


SMAN 17 Bandung Memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional


[sman17bandung.sc.id - 21/2/2020] Bahasa Ibu adalah bahasa pertama yang dikuasai atau diperoleh anak di mana pun tempat lahirnya. Umumnya, bahasa pertama yang dikuasai seorang anak adalah bahasa daerahnya.


Seperti kebanyakan siswa/i SMAN 17 Bandung yang lebih sering menggunakan Bahasa Sunda. Sehingga kegiatan pun, khususnya hari ini menggunakan Bahasa Sunda, tetapi tidak terlepas untuk mempelajari bahasa lain, "Bahasa Sunda Wajib, Bahasa Indonesia Harus, Bahasa Inggris Perlu", jelas Bapak Iman Nurdin, S.Pd., selaku Guru Bahasa Sunda.


Selain itu, untuk lebih meningkatkan rasa cinta siswa terhadap bahasa, diselenggarakan Pementasan Pagelaran Seni Sunda dengan tema "Nanjeur Basana, Nanjung Budayana, Dipaké Basana, Waluya Budayana", diantaranya:

1.     Jaipongan

2.     Maca sajak

3.     Ngadongeng

4.     Ngawih

5.     Angklung & Musik Modern


Tahukah kamu tercetusnya hari peringatan ini dimulai dari usulan seorang warga Bangladesh yang tinggal di Kanada, bernama Rafiqul Islam dengan mengirim surat kepada Sekjen PBB kala itu, Kofi Annan. Ia meminta PBB segera bertindak untuk menyelamatkan bahasa-bahasa di dunia yang jumlahnya semakin sedikit. Pemilihan 21 Februari, dikarenakan bertepatan dengan peristiwa pembunuhan di Bangladesh tahun 1952 saat memperjuangkan bahasa Bangli di Dhaka.*




Leave a Comment: